Selasa, 29 September 2015

Write, Read, and Share

Pernah gak sih terpikir untuk nulis sesuatu tapi gak tau harus mulai dari mana. Kadang banyak ide di otak yang semestinya bisa dituangkan kedalam cerita setelah kata-kata berhasil di rangkai. Tapi nyatanya menuangkan suatu kreatifitas kedalam sebuah media itu sangat amat sulit, makanya gue sangat menghargai mereka yang udah bisa menyalurkan ide-nya menjadi sebuah karya. Walaupun bukan suatu karya besar tapi itulah wujud dari kreatifitas yang ada diotaknya.







Write

Gua mencoba mengingat-ingat kembali beberapa buku yang dulu sempet gua baca salah satu buku yang paling membekas adalah sebuah novel yang judulnya “Derita Aminah: Neraka yang diciptakan oleh Ibu tiriku sendiri” Waktu gua baca itu kira kira saat masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Setiap kalimat yang gua baca dari buku itu bisa membawa langsung ke alur yang diceritakan si penulis. Kata kata dalam kalimatnya mampu mengontrol emosi siapapun yang membacanya dengan penuh penghayatan. Selain cerita yang seru, menulis sebuah cerita memerlukan keahlian khusus. Keahlian khusus tersebut tentu berbeda beda pada setiap orangnya. Gua termasuk orang yang berubah-ubah dalam menulis sesuatu, dan masih belum bisa terpaku kepada suatu genre tersendiri.

Read

Sama halnya dengan menulis, membaca pun tidak semua orang bisa melakukannya. Beberapa orang menyukai bacaan yang dapat menghibur tapi tidak dapat diambil pelajaran dari apa yang ia baca. Memilih bahan bacaan sangat penting karena itu mencerminkan karakter pribadi seseorang. Ada istilah buku adalah jendela dunia. Berhubung sekarang teknologi sudah canggih manfaatkan Internet untuk menggali bahan bacaan yang baik, menarik dan dapat diambil manfaatnya. Selain menambah wawasan, membaca juga bisa menghilangkan stress. Saat santai sore ditemani secangkir teh atau pagi hari sambil menikmati segelas kopi, dimana saja, kapan saja membaca bisa dilakukan!

Share

Setelah mengetahui sulitnya menulis dan nikmatnya membaca tentu kita perlu mempelajari apa yang disebut dengan apresiasi. Apresiasi merupakan bentuk penghargaan atas karya yang telah dibuat oleh seseorang dalam bentuk media apapun. Misalnya dalam hal penggunaan sumber atau kredit, beberapa yang awam masih belum mengerti akan poin penting yang satu ini. Menyebarkan karya seseorang tanpa sumber kredit atau hak cipta masih sering terjadi. Belajarlah untuk menghargai karya orang lain dengan menyantumkan sumber author yang sudah bersusah payah untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya kedalam sebuah media.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar